Sipil Itu Brooo (2)

Halo temen-temen, emang paling enak nyapa dulu biar keliatan akrab. Padahal mah gada yang kenal. Malem minggu ini aku lagi pulang kerumah, ceritanya liburan disela urusan kampus sama kerjaan yang ga ada kelarnya. Kampus? iya kampus. Aku mahasiswa tua yang terancam lulus bulan maret taun ini kudu ngurus beberapa persyaratan, dan itu lumayan banyak dan ribet. Iya sihh masuknya juga susah keluarnya juga mayan ribet. Tapi aku lakuinya ga sendirian, ada beberapa temen satu angakatan yang sama mau lulus bulan maret. Walhasil ada temen yang bisa diajak ribet. Akunya ribet dianya ribet, jadilah kita cococrunch.

Iyaaa gini lah nasib mahasiswa sipil-di-perguruan-tinggi-yang-lagi-berkembang. Menurut aku masih banyak hal yang harusnya bisa dibuat lebih simpel, yaa kalo diliat dari perguruan tinggi lainya sih. Kayaknya gampang gitu buat lulusnya. Seenggaknya yang penting jadi penting yang engga begitu penting ya bisa dikesampingkan. Ya semoga jadi lebih baik..

Okelah gantop,,, ganti toples,, topik keles..

Masih inget kamarku yang baru aku rapiin? kalo lupa baca postingan yang dulu deh (males gila). Nahh sekarang aku lagi didalemnya, nyaman ko. Sumpah. Entah kena angin apa, aku jadi keinget obrolan ama temenku dulu pas main kekamar ini. Lagi belum di rapiin. Namanya Yudha, dia anak teknik informatika, keliatanya sih suka banget sama jurusanya. Hampir tiap akhir liburan dia dateng kerumah buat minta pulsa. Ini beneran. Jadi ceritanya rumah dia lebih pelosok dari rumahku, tiga taun cahaya kalo dari bumi, di sebelahnya negara angin. Dan disana sinyalnya susah banget, beneran, biasanya kan kalo nyari sinyal hapenya diangkat tinggi sambil digoyang-goyang. Lah disana engga, kalo disana kudu kesini, iya orang ga ada sinyal,, mau digoyang di apain juga ga bakalan ada sinyal yang nyangkol. Tetep kudu kerumah aku yang ada sinyalnya. Tapi itu dulu,,, lagi jamanya Pak SBY belum twitteran.

Nah pernah suatu akhir liburan dia datang kerumah, oya jadi dia minta pulsanya tuh buat onlen buat ngisi KRS gitu, didesaku mah sinyal mambrah-mambrah. Pas dia sambil ceklak-ceklik (bunyi mouse kan biasanya gitu) dilaptop aku, sambil minum kopi, kopinya aku yang bikinin, kata dia sih enak, ya gitu namanya juga kopi sasetan, yang penting ga kebanyakan air, dijamin enak, beneran, iyaudah malah ngomongin kopi, iya, iya apa? lanjut, iyaudah. Dia nanya gini..

"Lant, kalo sipil sih motonya apaan?" tanya Yudha, "sruuuuppp" suara kopi disruput.

"Sruuppp" aku nyuruput kopi, "Hah maksudnya?"

"Iya kalo TI kan motonya 'Dunia dalam genggamanku', iya maksudnya informasi kan jadi sesuatu yang sangat penting sekarang", kata dia "sruuuupppp" trus yruput kopi.

"Apa yah, apa sih yah, ga ada loh, membangun bersama teknik sipil kali", aku asal jawab "sruuuuppupp" sambil nyruput kopi.

"Loh itu mah motonya apaan tau", jawab yudha "sruuuupppp" 


"haha yambuh,,, eh ngomong-ngomong dari tadi kita srap srup srap srup lagi ngopi apa minum es teh sih?..." 

Kemudian ada keheningan diantara kita...

Emang yah waktu itu aku ga begitu urusan, emangnya sekolahan ada mottonya. Pake doble t lagi. Sekarang aku kebayang sama pertanyaan itu lagi. Aku pikir ya emang bener TI menggenggam dunia, tapi aku anak sipil juga iya ko. Aku menggenggam dunia, karena aku menggenggam hatimu. Ea. Ga ga, maksudnya gini nih, iya masa orang mau menggenggam dunia tapi ga punya rumah? trus mau tidur dimanaa??? mau masak mie buat sarapan dimana?? Apalagi mau sarapan mienya bareng kakak Al, kan kudu dirumah.

Jadi gini nih, buat temen yang masih mikir kalo teknik sipil itu kuliah yang tarnya bakal jadi pegawai negeri sipil atawa kerja di catatan sipil. Nih aku kasih tau, mulai dari sejarahnya dulu yah...

Teknik sipil adalah teknik tertua kedua setelah teknik militer. Jadi setelah orang-orang pada cape perang, mereka bakal dateng kekelurahan buat bikin catatan sipil. Ga ya Allohh bukan gituuu, nih katayan wikipedia sipil tuh gini
Kalo kata buku-buku sejarah sih manusia awalnya hidup dengan cara berburu gitu. Jadi hidupnya ga menetap, dia berburu di suatu tempat sampe yang diburu abis baru dia ngeburu temenya sendiri. Gaaa, kalo buruanya abis dia terus pindah tempat buruan. Kalo ga salah ini disebutnya nomaden. Nahh dari sini nih teknik militer keluar, dari teknik ngebikin senjata ampe teknik militer lainya, kayak mematai-matai ampe ngerakit C4. Gatau nih orang-orang purba dulu make teknik ini buat apaan. Nah setelah manusia mulai cape pindah-pindah terus, cape ngejar-ngejar tapi ga ditanggepin. Akhirnya manusia mulai mikir buat menetap disatu hati dan belajar buat bercocok tanam. Ya ga mungkin juga kalo pertama netap manusia udah langsung bikin rumah mewah real estate gitu, peni rose juga belum lahir buat ngasih iklanya. Jadi pilihan paling pas sambil nunggu ada hunian tepat di pinggiran kota ya di goa. Dari sinilah teknik sipil adaa, dari manusia mulai nginep di goa. Yaaa meskipun goa bentuknya gitu-gitu doang, tapi kan manusia yang mau masuk juga kudu ngira-ngira dulu ini goa muat apa engga, kuat apa engga, kalo gua masuk bakal runtuh apa engga. Dan perhitungan model kaya gituan udah masuk gaweanya orang sipil. Tua kan?. Lama-kelamaan manusia goa ini sadar kalo pas malam hari goanya jadi gelap dan dia jadi ga bisa ngelakuin apa-apa. Maka dari itu pas pagi harinya dia pergi ke alfamart buat beli lampu hemat energi. Pas mau bayar dikasir ditanya "Pulsanya ga sekalian mas?", sekalian aja dia beli pulsa. Pas pulang kegoa lagi dia baru sadar kalo goanya belum pasang listrik, dan dia ga punya hape.

Gimana menurutmu? bingungkan?

Gampangnya adalah civil is the best creator next to god lah. Seenggaknya itu kata teks-teks yang di instagram... 




2 komentar:

  1. wih. teknik sipil jurusan elit ya bang. keren ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. woyadong, yuk cus pindah jurusan haha

      Hapus

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.