Tutorial: Cara Instal Font

Bangun pagi buka laptop, kayak ada panggilan buat buka posting page gitu.. ehuehue

Kemarin-kemarin aku sempet dimintain tolong sama Hajek sama Ipin buat bikinin logo cafe barunya. Kalo cafenya mereka yang lama namanya Jambul Jeko, yang di Tegal tempatnya di depan SMP 1 Tegal. Coba deh, bagi penggila kopi sama susu pasti bakal suka. Kopinya asli bikinan baristanya, ga pake kopi sacetan yang dijudulin di buku menu.

Jadi mereka bolak-balik kekosanku buat minta bikinin logo, menu, dan lain lainya. Tapi akunya malah jarang dikos, kemana? Mbuh. Jadi mereka aku bikinin tema logo sama master menunya aja. Isinya di tulis sendiri.

"Ini fontnya gimana lant?", tanya Hajek.

"Oya kan itu dapet donlod". gue.

"Terus gimana makenya?"

Ternyata eh ternyata masih ada masnusia di dunia ini yang belum tau ama font hasil donlod and cara gunainya gimana. Maka dari itu aku pengin jelasin di postingan ini, cara donlod-instal-make font-nya.

Font hasil donlodan biasanya font kastem yang emang dibutuhin buat keperluan desain atawa presentasi. Yang jelas intinya agar lebih bagus dan beda dari yang lain deh. Okeh ini step-stepnya.

1. Download Font

Ada beberapa site yang emang khusus nyediain font-font dan gratis buat diunduh. Ga tau sih masalah hak ciptanya, yang jelas dari sitenya udah free aja. Biasanya site penyedia mengkategorikan jenis font dalam beberapa jenis, kayatah:


  • General, yang ini isinya font-font yang lempeng-lempeng aja. Yang biasa di pake buat nulis dan resmi. Kalo buat dibaca lama ga bakal nyakitin mata.
  • Script, jenis font ini isinya font-font latin gitu. Yang tulisanya miring sama ada buntutnya, contoh gampangnya yang di tulisan nama di ijazah.
  • Handwritten, jenis font yang isisnya font-font tulis tangan gitu. Yang paling terkenal ya comic sans ms, tapi sebenernya masih banyak lagi yang lebih joss.
  • Modern, kalo jenis ini biasanya isinya yang aneh-aneh. Bentuk font yang futuristik, aneh tapi keren.
  • Retro, dikategori ini isinya font-font yang kalo dipake bakal ngeliatin efek jadul. Yaa model font yang dipake buat poster atawa baliho pelem-pelem jaman dulu.
  • Foreign, kalo kategori ini isinya font-font huruf lokal dan bersifat kedaerahan. Kayatah aksara jawa, aksara arab, tagalog, aksara tailand. Tulisan tanganku masuk ke jenis ini nih.
Sebenernya masih ada lagi kategorinya, cuma aku ingetnya segitu doang. Oya ada lagi, font tapi isinya gambar. Iya gambar, jadi kalo ngetik a tar keluarnya gambar apa, biasanya disebut icon pack. Nah, beberapa website yang nyediain font-font keren ini secara gratis diantaranya www.1001fonts.comwww.dafont.comwww.fontspace.com dan lainya. Kalo mau lebih spesifik nyari tipenya bisa di google aja, apa lagi kalo udah tau nama fontnya carinya bakal lebih gampang.

2. Instal Font

Setelah download font-font tadi, buka folder downlodanya. Klik kanan di halaman donload-Open Containing Folder. Biasanya bentuk donlodanya masih bentuk file .rar, ya di unrar dulu. Kalo ga punya aplikasinya? ya instal winrar dulu. Ga punya masternya??? ya download maning.

Kalo udah di unrar tar baru nongol file font-nya, nama extensinta .ttf (true type font). Cara instal font-nya tinggal klik kanan di filenya terus pilih instal.

Kalo di Win8

Kalo engga salah cara ini ampuh kalo dipake di windows 8. Terus kalo fontnya banyak, ya tinggal blok semuanya aja, atawa pilih mana yang mau di instal pake tombol control + klik. Kalo udah tinggal klik kanan instal deh.

Kalo masih pake windows 7, selamat anda belum pake windows 8. Iya lah. Caranya sama mudahnya, cuma rada nambah tenaga buat ngeklik mouse-nya. Jadi cara instalnya pake prinsip ngerjain tugas kuliah, yaitu copy-paste. File font yang mau dinstal dipilih dulu, kalo cuma satu ya ga usah bingung milih. Terus klik kanan-copy, setelah itu masuk ke menu control panel-font (bisa liat pathnya digambar bawah). Setelah masuk ke pengaturan font di kontrol panel, tinggal klik kanan-paste. Tunggu deh sampe lemes, setelah lemes fontnya udah otomatis ke instal. Jangan lupa bersukur kepada tuhan kalo udah sukses instal font-nya.

Kalo di Win7


3. Make Font

Make disini artinya memakai, bukan membuat. Lanjutan langkah sebelumnya font yang udah di instal atawa udah dikopi nantinya akan otomatis muncul di semua aplikasi yang membutuhkan font, sepertihalnya photoshop, coreldraw, ms. word, ms. power point, dan lain sebagainya. Makenya? ya tinggal make doang, blok tulisan-pilih font sesuai selera-klik deh. Biasanya kalo kebanyakan font pas buka menu pilihan fontnya jadi rada lemot, komputernya bingung juga ngumpulin tulisan yang bentuknya aneh-aneh.

Yaudah segitu aja, mulai eksplorasi jenis font-font baru biar dokumen kita ga cemen dan ga biasa. caw,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.