Tutorial : Membuat Efek HDR Pada Foto Biasa

HDR atau High Dynamic Range adalah efek yang dihasilkan dari proses render pencahayan dengan kedalaman yang berbeda dengan tujuan untuk menghasilkan gambar yang lebih nyata. Foto HDR dapat langsung diperoleh jika proses pengambilan foto menggunakan kamera DSLR ataupun kamera-kamera yang telah memiliki mode HDR. Tapi jika kita tidak punya kamera DSLR atau kamera dengan mode HDR, kita dapat membuat sendiri foto dengan efek HDR dengan menggunakan Photoshop.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat foto biasa hasil jepretan kamera hape atau kamera poket menjadi foto HDR. Cara yang paling mudah adalah menggunakan fitur Blending Mode yang sudah disediakan oleh photoshop. Langkah untuk membuatnya sebagai berikut:

Langkah 1

Pilih foto yang akan dirubah menjadi HDR dan masukan kedalam photoshop. Bisa dengan cara drag and drop atau File - Open.



Gambar diatas merupakan tampilan jendela kerja Photoshop CS 6.

Langkah 2

Duplikat layer background dengan cara klik kanan pada layer terus pilih Duplicate layer.... Atau klik Ctrl + J. Untuk memudahkan pengerjaan beri nama pada layer hasil duplikat tadi, contoh Layer 1.


Jadinya gini..



Langkah 3

Invert Layer 1 dengan cara  Image - Adjustment - Invert.


Jadinya gini...


Langkah 4

Ubah mode blending Layer 1 menjadi Overlay. 



Jadinya gini..




Langkah 5

Blur Layer 1 dengan cara Filter - Blur - Gaussian Blur... atur radiusnya menjadi 90 atau sesuai selera. Hasilnya jadi gini...


Sebenernya dengan cara ini juga foto udah kaya HDR, warnanya udah lumayan tajam. Namun bila masih dirasa kurang bisa diatur dengan menduplikat Layer 1 dan mengatur Opacity dari duplikat layer 1 tersebut. 

Bila menginginkan HDR dengan tema warna tertentu dapat menambahkan Gradient Map diatas Layer 1 dan duplikatnya, setelah itu atur blending serta Opacity sesuai keinginan.


Gambar HDR dari foto biasa selesai dibuat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.