Tutorial : Tilt-Shit Photography Dengan Photoshop

Tilt-Shit photography adalah jenis fotografi dimana pengambilan gambar menggunakan tilt-shift lens. Lensa ini memliki kemampuan untuk mengoreksi masalah perspektif (perspective correction lens), intinya lensa ini dapat menghasilkan gambar dengan perspective yang berbeda. Foto tilt-shift akan memberikan efek obyek fokus foto terlihat seperti miniatur.

Selain dengan lensa, foto tilt-shift dapat dengan mudah dibuat dengan Photoshop. Tidak perlu kamera mahal dan lensa tilt-shift, yang dibutuhkan hanya foto, Photoshop, dan kemauan yang keras. Berikut akan saya berikan langkahnya.

Lankah 1

Siapkan foto yang akan diberikan efek tilt-shift.



Langkah 2

Duplikat layer background, bisa menggunakan Ctrl+J. Beri nama sebagai Layer 1.





Langkah 3

Blur layer 1 menggunakan Filter - Blur – Lens blur. Atur Radiusnya, dalam foto ini saya menggunakan radius 25.





Langkah 4

Hapus bagian obyek dalam foto yang akan difokuskan. Pastikan mode penghapus pada tipe brush, dan sesuaikan ukuran brush sesuai dengan kebutuhan.




Sampai tahap ini foto sudah bisa dibilang foto tilt-shift. Namun bisa juga ditambahkan bebarapa adjustment untuk menambah efek dan kedalaman warna. Seperti menaikan saturasi ataupun menambah contras pada foto. Namun sebelum melakukan adjustment, sebaiknya lakukan merge Layer 1 ke layer Background (bisa menggunakan shortcut Ctrl+E).



Hasilnya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.