Ceritanya Tahun Baru

Udah ganti tahun yah...

Btw tentang tahun baru, terdapat beberapa pandangan mengenai perayaan tahun baru masehi. Aku juga rada bingung, tapi aku ga ngerayain ko. Kenapa? ya gapapa, engga ada yang wah aja buat aku. Aku liat di PM bbm temen ada yang bilang perayaan orang yahudi, ada yang bilang penyembahan dewa janus, atau apalah. Fyi dewa janus di mitologi yunani adalah dewa yang kepalanya dua, ngadep depan ama ngadep belakang, jadi seakan menatap ke masa depan dan lalu, bulan januari diambil dari nama dia. Fyi juga semua bulan masehi juga yang namain si julius caesar atau atas persetujuan dia. Ada yang diambil dari nama dewa, ada yang cuma iseng belaka. Ga lah. Si caesar ini dalam namain bulan ga seiseng orang jawa namain anaknya; runtah, kliwon, ganyep. Mbuh. 

Jadiiii, ga cuma tahun baru ama januari aja. Semua bulan dalam masehi juga ada sesuatu didalamnya, semacam asbabu nuzul. Hampir setiap bulan juga ada perayaanya. Kalo hasil baca-baca sih, dulu sebelum caesar ini membuat kalender baru. Setahunya ga ampe 12 bulan, maka dari itu dijaman itu belum dikenal gaji ke-13. Kasian PNS yang hidup di jaman itu. Nah setelah diketahui kalo satu kali revolusi bumi tuh 365,25 hari, ditambahlah beberapa bulan buat ngegenapin. Nama bulan yang ditambahin itu yang usulan si caesar. Selain itu ditambahin taun kabisat per 4 tahun buat ngegenepin 0,25 harinya, 0,25x 4 = 1 hari, yang ditambahin dibulan februari. Tanggalan ini dibuat 44 tahun SM, awal tahunya ditandai berakhirnya musim dingin disana, di tempat tanggalan ini dibuat. Nah kalo masalah kepercayaan tentang tanggal 25 desember atau tentang anak dewa matahari, aku belum cukup ilmu. Yang aku tau tanggal lahir nabi yang diketahui cuma lahinya Nabi Muhammad SAW, 12 robiul awal, menurut tanggalan hijriyah.

Oh iya adalagi, jadi sebenernya revolusi bumi tuh ga genep 365,25 hari. Salah satu raja yunani yang bernama Sobari IXX, bukanlaah jawa amit namanya, biar gampang soalnya aku lupa namanya. Dari departemen astrnominya, raja ini tau kalo revolusi bumi tuh 365,25 hari lebih bebapa detik. Kalo itunganya beberapa tahun si ga masalah, tapi udah abad-an jadi kacau tanggalanya. Kacaunya karena ga sesuai sama musim disana. Kayak yang tadi aku bilang, tahun baru masehi dibuat berdasarkan musim, disana bukan disini. Nah, tanggalan si caesar ini sedikit meleset, yang menyebabkan tanggal masuk musim semi ngegeser beberapa hari. Si Sobari ini menambahkan beberapa aturan lagi mengenai tahun kabisat, dan mensetup ulang tanggalan masehi. Walhasil dia menghilangkan 10 hari ditanggalan masehi waktu itu buat ngepasin. Tahun berapa aku lupa, dari 4 mei, besoknya langsung 14 mei. Demo gede-gedean pas itu tuh. Tapi bukan demo buruh, buruh malah seneng kali tanggal gajianya maju.

Nahhh, bisa dilihat kan sebenernya tanggalan masehi itu tanggalan lokal orang yudarmi aja. Yunani galant, ngelucu dikit boleh kali. Yunani atau manalah yang jelas buat daerah 4 musim. Terus kenapa Indonesia make juga?. Ya karena itu udah jadi tanggalan internasional, Indonesia mah ngikut aja. Kalo kita pake tanggalan masehi ya mau ga mau ikut semua aturan itu. Aturan yang dibikin ama orang yudarmi. Sekali lagi, ga cuma tahun baru doang. Kata aku yang pas ama Indonesia ya tanggalan jawa, kenapa? karena aku jawa. YES. Kalo mau universal ya tanggalan islam. Pakenya itungan bulan, dan ga ada musiman. 

Terus gimana tentang perayaan tahun barunya?. Ya ambil positifnya aja. Dibalik perayaan, hura-hura mubazir, atawa mirip pemujaan kaum sana. At least, banyak orang berdoa di momen pergantian tahun ini. Banyak harapan, banyak resolusi yang membuat orang ingin berubah dan berusaha menjadi lebih baik. 

Kalo dilihat dari fungsinya, penanggalan kan dibuat untuk ngemudahin perhitungan hari aja. Dan juga buat pengingat hari-hari penting. Kayak aku ujian tanggal 7 januari 2015, nah kan gampang tuh tinggal lihat ditanggalan. Kalo ga ada tanggalan patokanya kan jadi repot, kudu bikin angka-angka terus dicoretin tiap harinya. Tapi ya meskipun gitu, sebenernya setiap orang punya tanggalanya masing-masing. Punya tahun barunya masing-masing. Punya hari perayaanya masing-masing. Punya musimnya masing-masing.

Iya, gitu aja. Koreksi kalo salah yah.

PS. Bersikap adil memang sulit, tapi tetep kudu dilatih. Seenggaknya adil menyikapi mana yang salah dan benar. Jangan kalo orang lain salah koar-koarnya iya banget, kalo sendirinya salah diem aja kaya gatau apa-apa.

Jadi inget pas ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.