Ga Demen Gua Sama lu

Balik pas liburan anak sekolah tuh zonk bgt. Sekarang di rumahku ada 4 anak bocah yang siap gigit apapun yang diliatnya. Martabak yg baru aku beli langsung abis aja. Entah anak-anak seumuran ini kayaknya kekuatan destruktifnya lg gede-gedenya. Ini maenanya si aban aja udah pada rusak nih, odong-odong kesayangan nyanyinya ga ampe reff udah mati duluan. Maenan gajet tetep, rebutan maenan juga tetep. Dan ga berenti sebelum ada yg nangis.

Biasa? Engga ini mah, ada satu yang rewelnya berlebihan. Aku liatnya aja ampe mual. Entah orang tuanya gimana ngadepin dia sehari-sehari. Seharusnya ada yang salah kalo anak tumbuh nakal, rewel atawa cenderung anarkis. Iyah, omonganya kasar, dikit2 temenya dipukul. Hadeh... Nih satu ada sukanya ngomong gini..

"Ga demen gua sama lu,, "

"Tolol lu, bego, babi,,"

"Lu ngapain jongkok, berak lu yak?"

Hadehhh anak bocah sd ngomongnya udah parah banget. Gimana gedenya. Ya ga tau si, mungkin aja bisa berubah. Tapi yang jelas mereka kan kaya gitu gara2 lingkungan. Contoh aku yg lingkunganya agamis, akhirnya tumbuh menjadi anak yang soleh, kadang sedikit agak solehah. Nah mungkin si ponakan aku itu tumbuh di lingkungan yang keras. Ngomongnya aja lu gua, anak jekardahan. Iya sih jekardah emang lebih keras dari pada bumijawah, sini mah kaya nutrijell. Tapi seberat apapun harusnya sudah jadi tanggung jawab orang tua buat ngedidik anaknya jadi anak yang baik. Atau malahan itu keinginan orang tuanya buat jadi gitu. Masa yah? Ga ah.

Seorang anak ga pernah tau bahkan ga pernah minta buat dilahirin dimana dikeluarga apa. Seorang anak lahir cuma bawa hak buat hidup, hidup baik tentunya. Dan membawa kewajiban serta tanggung jawab orang tua buat menghidupi dia, hidup yg baik tentunya. Sebelum nantinya dia dewasa dan jadi manusia seutuhnya. Jadi ngomongin anak gini. Biarin dah..

Jadi menurut saya anak adalah suatu produk. Produk dr keluarga. Dan lingkungan tentunya. Jadi ya tergantung pabriknya membentuk produk itu gimana. Jadi ttp ga bisa di salahin 100% ke produk, kalo si produk itu rusak. Gitu sii. Mau sesibuk apa orang tua, tanggung jawab mendidik anak ttp ga bisa lepas.

Yaudah segini aja, makasih buat semua orang tua yg udah ngedidik anaknya dgn baik dan penuh tanggung jawab...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.