Diet Dietan Doang

Halo..
Iman blogerku makin nipis kayaknya. Buka laptop tiap hari, koneksi wus wus, tapi buka dashboard aja kayaknya berat banget.. Gara-gara baru ngerasain internet banter nih, bufering lebih cepet jadi lebih milih buka video (bokep) online dari pada ngeblog. Hehe.

Disela-sela aming yang makin ruwed ama cewek-ceweknya. Ali yang makin semangat 45 pedekate ama cewek barunya. Dan tata yang celalu lindu kentang. Aku, Galant masih aja ruwed ngurusin laporan kerja praktek. Basi banget. Entah kenapa ini laporan bisa begitu males buat dikerjain. Tapi aku ngepost hari ini ga semata-mata bawa kabar menyedihkan tentang laopran kerja prakteku. Bagi kamu-kamu yang ga pernah liat gua didunia nyata dan berniat mau liat gua dalam waktu dekat ini, gua bawa kabar buruk buat elu semua. Kamu-kamu bakal liat aku dalam bentuk berbeda. Kenapa? iya ga kenapa-kenapa emang nyatanya gini. Aku keliatan agak bulet kalo diliat dari depan. Agak yaaa, jadi ga bulet-bulet banget. Dan kalo diliat dari samping, bisa dibilang lonjong lah. Kalo diliat seksama dibagian perut juga agak maju dikit. Yaaa intiya kamu-kamu bakal liat aku dalam keadaan gembul. Damn. Tapi tetep ganteng ko... Dikit.

Aku juga bingung kenapa badan bisa jadi melar gini. Padahal ga ada yang berubah dari pola hidup dari jaman kurus dulu, semester duaan, sampe sekarang. Begadang tetep jalan, makan dua kali sehari, olah raga yaa cukup lah, ngemil juga ga begitu suka. Tapi kayaknya adasih kebiasaan yang emang bisa bikin gendut yang suka aku lakuin. Kaya makan yang terlau cepet samaaa, udah itu doang ding. Atawa mungkin ini karma gara-gara aku suka ngecengin temen-temen yang gendut. Kayaknya sedikit engga logis deh. Dari fakta-fakta yang ada, seharusnya tuh aku kurusss dan ganteng. Kenyataanya malah sebaliknya.

Tapi tapi tapi tapi, sekali lagi, tapi.. Aku ga diem aja ngehadepin ke gembulan ini. Aku mejalani program penurunan berat badan men. OCD? bukan, terlalu berat buat orang yang suka begadang kaya inyong. Bayangin men, kalo aku pake yang paling gede deh, 8 jam. Makan pertama jam 1, itu aja udah kaya yang kelaperan banget, dan makan terakhirnya jam 9. Nah kalo bobonya jam 2, sedang jam2 segitu otak lagi dipake buat mikir maksimal... yaaa kasian siperut yah, kruyak kruyuk minta di isi. Iyaa tapi tetep sih aku usahain buat dikit-dikit ngikutin OCD, kalo belum pengin makan banget ya mending entaran dulu makanya, dan ga sarapan. Program diet yang aku ikutin adalah program diet anak kos, yang inti dari program adalah kurus dalam pengeluaran duit gemuk dalam dompet. Bagi temen-temen yang mau ikutan usaha, caranya berikut ini :

1. Kurangin makanan berdaging.
Emang kadang rada aneh kalo makan nasi rames gaada yang jadi lauk inti gitu, kayak ayam, tongkol, lele, atawa kambing2an deh. Tapi lauk-lauk itu tuh yang bikin nasi rames kita jadi mahal men. Nasi sayur + ayam bisa sampe 6 sampe 7 ribuan men, kalo ga pake ayam yaa 3ribuan plus gorengan atawa krupuk 2 biji paling banter 4ribu, boleh lah genepin 5ribu tambahin apa gitu asal jangan daging2an diatas. Kalo menurut pendapatku, mengurangi makanan daging tentu ngurangi kalori yang masuk ditubuh dan makan sayur bisa bikin pencernaan jadi lancar. Dapet dua kebaikan tuh..
2. Kasih jarak antara makan satu dengan makan yang lain.
Ini juga nih, metode yang lumayan oke. Kalo seumpama sarapan kamu jam 1 siang, ya gaperlu ada makan siang pas sore-sorenya. Emang kadang jam 4-5 an rasanya suara keruyukan diperut lagi kenceng-kencengnya, mulut rasanya pengin yang berkuah-kuah gitu. Tapi sadari lah, itu cuma godaan belaka. Cukup minum air putih aja, kalo temen kos ada yang lagi nyemil makanan boleh lah minta dikit, dikit aja. Tahan laper yang klise itu sampe abis magrib, terus lo belideh makan malem yang sedap banget. Tapi makanya jangan berlebihan meski lapernya udah mulai berlebihan. Kebaikan yang didapet ya tentu aja, makan dua kali lebih irit dari makan 3 kali. Dan lebih ga bikin gembol...
3. Jangan makan sebelum laper banget.
Yaa gitu, kalo belum laper-laper banget ya mending jangan makan. Makan dalam kondisi laper tuh, makanannya kaya yang di masakoin semua. Makanan biasa jadi luar biasa. Jadi meski makananya yang 5ribuan, lo bakal menikmatinya sampe abis, bahkan yang nyela di gigi sekalipun.
4. Bagi jadwal boker jadi dua bagian.
Yang ini berdasarkan risetku selama jadi anak kos. Mungkin temen-temen pernah ngerasain kalo abis bongkar muatan tuh perut kerasa kosong dan beberapa menit kemudian jadi kerasa laper. Nah itu men, dan biasanya kalo paginya kita belum boker rasanya nafsu buat makan jadi berkurangn. Nah itu men, tapi kalo ga boker ya itu namanya ga sehat malah perut jadi tambah gede. Caranya, bokernya dibagi dua, pagi ama sore. Pas pagi bokernya setengahnya aja, jadi ngerasa lapernya cuma dikit tapi perut ga tambah gede. Tar sorenya baru deh keluarin setengahnya lagi,,, itu.
5. Kurangi jalan-jalan ke alfamart.
Ini nih, dari tadi ini nih mulu. Emangnya apa lagi yang paling menggoda dari alfamart selain mba-mba kasir dan isi dari showcase???. Semua orang suka isi showcase men, entah apa aja yang dimasukin situ jadi keliatan menarik. Sama-sama esteh, gara-2 dibotolin terus dimasukin situ jadi keliatan seger banget di tenggorokan. Bahkan air putih doang, dikosan juga adaaaa, masuk showcase jadi menggiurkan banget tu air putih. Tapi sadarlahh kalo minum-minuman macam itu, entah se sehat apapun diiklanya pasti lah mengandung pengawet dan gula. Yaa meski ada yang dikit. Tapi itu yang bikin gembul kita jadi awet. Dan harganya juga mahal. Yakinin aja meski enak tapi itu kurang baik buat kesehatan badan dan dompet kita.
6. Olah raga rutin.
Semua orang setuju kalo olah raga itu menyehatkan. Kita kudu pilih olah raga yang hemat dan ga butuhin waktu banyak, kecuali kita punya waktu banyak. Sepedaan boleh, tapi kalo kudu beli sepedanya yang harganya ampe 5 jutaan ya mending lari pagi aja. Tapi kalo bangunya siang dan ga sempet nemuin pagi, yaaa minimal sit up apa push up apa ngapain dehh dikamar. Seenggaknya ngasilin kringet dan badan kerasa di olah meski dikit2. Kata cewek gue sih renang lumayan efektif buat ngecilin perut, tapi butuh uang lebih buat masuk ke kolam renangnya. Jadi yaa yang gampang dijangkau aja, intinya bisa konsisten dan dilakunya rutin.

Sementara itu dulu tips diet ala anak kos dari aku, kalo mau liat hasil dari tips2 itu bisa liat bentuk tubuhku nan indah sekarang. Damn.
Selamat hari minggu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.