Puasa dan Embun

Selamat malam jiwa-jiwa rentan galau, semoga masih tetap berada di bawah lindunganya....

Aku sekarang lagi dirumah dan aku pikir aku sedang merasa sedikit bahagia. Entah gimana, tapi aku pikir akhir tahun 2012 ini kiamat ga jadi datang. Bukan, bukan karena aku abis perpanjang SIM ato KTP, tapi karena aku mulai ngerasa sedikit bahagia lagi jadi kiamat ga boleh datang dulu.

Oh iya marhaban ya ramadhan yah, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang puasa. Bagi yang engga, selamat engga puasa aja. Dan bagi yang puasa tapi kayaknya ga kuat terus pengin buka aja, selamat buka aja.. :)

Puasa yah.. Masih inget gasih awal puasa kemarin? ga ga ini hampir terjadi tiap awal bulan puasa. Mesti ada perdebatan antara kaum muslim yang-puasanya-duluan sama yang pro pemerintah. Perdebatanya nentuin awal bulan romadon sama awal bulan syawal. Ya ini masalah keyakinan sih ya, jadi aku pikir sah-sah aja ada perdebatan. Tapi tetep bagusnya sih di satuin. Tapi pernah kepikir ga sih, ada pihak yang di bingungkan dalam hal ini.
Pernah denger kan hadis yang menyebutkan kalo bulan puasa setan-setan pada di penjara?. Ini kalo awal sama akhir bulan puasanya beda-beda, kasian setanya dong bingung mau masuk sama keluar penjaranya kapan. Apa di dunia setan ada golongan-golonganya juga? setan golongan yang-puasanya-duluan sama setan yang pro pemerintah?. Ntar setan golongan yang-puasanya-duluan dipenjara lebih awal dibanding setan yang pro pemerintah dong. Iya kalo ntar syawalnya duluan golongan yang-puasanya-duluan juga, kalo syawalnya bareng? ya kasian dooongggggg dipenjara lebih lamaaaa...

Okelah puasa udah berjalan beberapa hari, setanya udah pada dipenjara. Kecuali satu, yang nulis blog ini (oh whyyy),,, sama yang baca juga, jadi dua, kalo yang baca banyak berati banyak... "Ahhh kuantitas ga penting yang penting kualitas"-Hendrik, 20th, single, sedang berusaha keluar dari jeratan kehidupan gay. Setelah beberapa hari puasa, sama puasa-puasa tahun lalu yang pernah aku alami. Aku sedikit banyak telah belajar mengenai tipe-tipe orang yang berpuasa. Sama seperti yang diucapkan Ustad Wildan di kuliah subuh kemarin sore, bahwa sanya tipe orang puasa tuh ada tiga. Tapi tipe-ku beda sama tipenya Ustad Wildan, iya lah aku kan cowok pemilih...

Tiga tipe itu adalah...
 1. Tipe orang puasa yang emang bener-bener niat puasa. Orang ini puasa dengan penuh kesadaran bahwa puasa adalah suatu bentuk ibadah yang wajib. Seperti; Ustad Wildan, imam masjid, makmum yang sholatnya baris pertama, sama orang-orang lainya yang emang bener-bener niat puasa.

2. Tipe orang yang puasa karena kepaksa. Orang ini puasa karena emang ga ada pilihan lain dan harus puasa. Seperti; puasanya anak kos di tanggal tua kayak sekarang, udah.

3. Tipe orang yang puasa tapi kayaknya buka gapapa kali yah?. Nah tipe yang ini adalah tipe puasanya orang ababil yang sebenarnya ga begitu pengin puasa dan buka gapapa kali yah?. Seperti; puasanya anak SMA yang ngekos, puasanya orang yang bepergian atau sengaja pergi, dan puasanya orang lainya yang buka gapapa kali yah?

Yahh itu lah...

Awalnya yang aku tau embun tuh turun mulai dari malem hari, yaaa sekitar jam 9-10an lah. Emang itu yang aku alamin disini, tiap aku pulang malem, pulang sholat teraweh kalo dibulan puasa, aku udah ngerasin embun di daun-daun sama di jok motor yang masih terparkir diluar rumah. Sampe ada yang bilang kalo embun tuh turun kalo matahari udah terbit, sampe cuaca jadi hangat dan embun tadi menguap. Iya,, aku baru tau, dan aku baru ngerti sama kalimat ini..
"Tiap hari embun dateng ngasih kedamaian beberapa detik, sama kamu damai itu ada setiap detiknya.."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.