Puasa Bagian 4

Selamat malam semua, rasanya udah lama bgt ga posting.. Sekarang-sekarang lagi sering posting di kaskus dari pada di blog.. Ngejar iso gan hahaha

Oya aku ucapin juga selamat bulan ramadhan bagi semua umat muslim di dunia. Bener-bener ga kerasa udah di bulan ramadhan lagi, malah udah mau hari ke sepuluh. Ramadhan selalu datang dan pergi, yang tersisa adalah kenangan manis yang membuat sedih saat bulan ini bener-bener mau pergi. Pergi.

Beda banget rasanya, waktu kecil bolak balik kemasjid dengerin pengajian cuma buat ngisi buku ramadhan, pulang magrib bisa makan bareng orang rumahan. Sekarang, buka saur udah ga ada gregetnya, yang penting ada tenaga buat puasa aja deh, diarasa cukup. Buku ramadhan? kosong ga ada isinya...
Yaa buku ramadhan kadang ngerepotin tapi bisa jadi media belajar yang efektif buat anak-anak kayak aku. Waktu SD dulu tentunya.

Yah inilah kehidupan puasa anak kos.. *nangis kejer*

Hal lain yang paling enak kalo dirumah nih ya, bisa nunggu puasa samil pegang remot terus tiduran disofa depan tv. Hal paling indah yang bisa dibayangin anak kosan, denga kamar kos ukuran 3x3 yang tidak memungkinkan sofa bisa masuk kedalemnya. Apa yang ditonton? ya acara ramadhan, yang kalo semakin deket waktu buka acaranya berubah jadi berbau makanan semua...

Ada lagi yang paling engga bisa dilewatin, kalo dirumah tuh selalu ada yang namanya makanan identik bulan ramadhan. Mulai dari es buah, kolak, urab ( kalo dirumahku makanan ini termasuk identik), agar2, sama makanan takjil kiriman tetangga. Bisa dikatakan bulan ramadhan = bulan makanan manis, makanan aku, karena aku manis. Jijik.

Dan hanya dibulan ini aku bisa liat sunrise dengan jelas. Tempatnya di tebing deket kuburan 500 meter jalan kaki dari rumah. Jelas banget.

Bulan ramadhan tuh identik banget sama yang namanya puasa. Lah ngelucu lu lant? dari tadi juga lagi ngomongin puasa kaleee. Okeh iya. Tapi ada satu hal yang kata aku kurang tepat gitu di media-media pas bulan puasa ini. Bukan. Bukan acara flora fauna yang kemana-kemana telanjang. Tentu aja itu ga bikin nafsu semua orang. Kecuali aming. Aku kurang ngeh ama acara-acara yang kadang jelasin kayak kelebihan orang berpuasa, kelebihan secara kesehatan, secara ekonomi, ato semuanya lah. Ya emang namanya puasa tuh ga ada kurang2nya, hampir semua efeknya baik. Buat kesehatan tentu aja puasa menjaga pola makan kita dan kesehatan usus kita. Jelas asupan makan kita jadi teratur, dan katanya puasa membuat usus kita beristirahat sejenak, dan itu sehat. Secara ekonomi, iyalah biasanya makan dua sampe tiga kali sehari dan jajan berkali-kali sehari. Puasa bikin kita makan dua kali sehari, jajanya cuma sekali doang itu aja udah kenyang. Surplus banget.

Ya meskipun kelebihan puasa itu buanyaaaaak banget, tapi jangan bikin kelebihan itu jadi alasan kita ngejalanin puasa. Tetep harus sesuai dengan niat awal kita yang diucapin pas traweh utawa saur. Karena Alloh Ta'ala. Masalah hal kebaikan, kelebihan puasa udah pasti kita dapetin, apalagi kalo udah dapetin ridhonya Alloh. Ikhlas, sabar, rendah diri, jujur,, semua sifat baik ada di puasa. Itu semua bisa dianggap bonus saat kita meniatkan puasa hanya semata untuk beribadah kepada Alloh SWT.

Happy fasting fellas..

2 komentar:

Makasih yang udah baca dan mau komen. Komentar anda membantu dapur blog ini tetep ngebul... shit.